Profile Program

Program Tersenyum merupakan program pemberdayaan masyarakat dibidang Kesehatan dan Ligkungan dengan tujuan utama memberikan penyadaran kepada masyarakat untuk senantiasa Hidup Sehat (Go Health), Hidup Bersih (Go Green), dan Hidup Berkah (Go Berkah) dengan menjadi pelopor kebaikan untuk sesama.

         

Tersenyum sendiri merupakan singkatan dari Terima Sedekah Minyak Jelantah Untuk Mereka. Tersenyum juga merupakan simbol dari sebuah kebahagiaan, sebuah kebahagiaan untuk kita semua.

 

Sekarang semua lapisan masyarakat bahagia krena sudah tidak bingung lagi kemana minyak jelantah mereka akan dibuang. Simbol kebahagiaan juga karena terlepas dari rasa bersalah karena selama ini masyoritas masyarakat (97,6%) membuang  minyak jelantah semabrangan terutana ke saluran air atau lingkungan dan simbol kebahagiaan juga karena bisa bersedekah melalui limbah yang selama ini dianggap sepele namun bisa memberi manfaat yang luas untuk orang-orang yang membutuhkan di seluruh Indonesia.

         

Dalam Program Tersenyum ini masyarakat akan diedukasi untuk menggunakan minyak goreng secara baik yaitu cukup 2-3 kali apalagi sampai hitam karena akan mengancam kualitas Kesehatan. Selain itu masyarakat akan diedukasi untuk merubah pola hidup untuk tidak membuang minyak jelantah sembarangan, namun untuk menampung dan mengumpulkan minyak jelantah dalam wadah khusus kemudian dibuang pada tong sedekah yang ada di setiap RT atau tituk titik yang terdekat sehingga kualitas lingkungan terutama ekosistem air menjadi lebih baik.

           

Masyarakat yang membuang minyak jelantah kedalam tong sedekah artinya mereka telah melakukan kebaikan untuk sesama karena mereka telah bersedekah. Kita semua paham bahwa minyak jelantah pasti semua oraang memiliki baik yang kaya atau tidak mampu. Oleh karena itu, program ini memberi pesan bahwa kalo kita bersedekah dengan uang susah maka dengan bersedekah dengan minyak jelantah menjadi mudah, SEMUDAH TERSENYUM.

           

Dalam pengelolaanya, sedekah minyak jelantah yang terkumpul dari masyarakat akan dikembalikan lagi kepada pengurus lingkungan baik RT/RW/PKK atau kelompok kelompok masyarakat. Dengan konsep sedekah dari warga Kembali kepada masyarakat maka diharapkan akan terbangun kemandirian program-program yang dibutuhkan baik bidang lingkungan, Kesehatan, Pendidikan, Sosial kemanusiaan dan keagamaan. Rumah Sosial Kutub akan hadir sebagai pendamping untuk memastikan sedekah tersebut memiliki dampak keberkahan untuk masyarakat.

 

Mari Wujudkan Masyarakat Yang Sehat, Bersih Lingkungannya Dan Berkah Masyakatnya Dengan Gerakan Sedekah Minyak Jelantah Untuk Kemandirian Lingkungan

 

 

GALERI PROGRAM TERSENYUM