KAMPUNG TERSENYUM MASUK KE DALAM TOP 99 INOVASI PELAYANAN PUBLIK TAHUN 2020

(13/6) Program Kampung Tersenyum telah mewakili Dinas Lingkungan Hidup dalam mengikuti perlobaan yang diadakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Mengutip dari Surat Keputusan No 153 yang diterbitkan oleh PANRB, Program Kampung Tersenyum mampu bersaing bersama 2.250 Proposal Inovasi perwakilan dari seluruh Indonesia dan terpilih menjadi TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2020.

Kepala Biro ORB menyampaikan apresiasinya yang luar biasa kepada Dinas Lingkungan Hidup karena sebagai pendatang baru bisa masuk ke dalam Top 99. Padahal sebelumnya, Dinas Kesehatan selalu mewakili DKI Jakarta dalam ajang perlombaan Inovasi Publik.

Mengapa Program Kampung Tersenyum dianggap sangat inovasif? Program Kampung Tersenyum bukan hanya solusi bagi permasalahan lingkungan, di dalam program ini terdapat aspek pemberdayaan sosial dan juga ekonomi.

Kampung Tersenyum atau lebih akrab disebut dengan gerakan kolektif sedekah minyak jelantah atau Tersenyum yang berarti Terima Sedekah Minyak Jelantah Untuk Mereka. Sedekah minyak jelantah dari masyarakat ini akan dikumpulkan dan dijadikan bahan baku biodisel kemudian nilainya akan disalurkan dalam program-program sosial dan pemberdayaan masyarakat.

Sebanyak apapun limbah yang sudah disedekahkan, maka sebanyak itulah kita mengatasi permasalahan limbah yang dapat mencemari lingkungan bahkan merusaknya. Masyarakat kini tak bingung kemanakah mereka harus membuang limbah minyak jelantah rumah tangga mereka, tetapi kini sudah hadir sebuah solusi Tong Sedekah yang didistribusikan di setiap RT.

Oleh karena itu, Program Kampung Tersenyum sangat disambut baik oleh masyarakat baik dari semua jenis kalangan, bahkan mereka juga menginginkan hal yang sama hadir di luar Jakarta Selatan termasuk di luar DKI Jakarta.

“Semangat! Semoga Program Kampung Tersenyum bisa maksimal bersaing dalam tahap Top 45 Program Inovasi Pelayanan Publik 2020,” jelas Suhito selaku Direktur Eksekutif Rumah Sosial Kutub.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *