NEW NORMAL, RUMAH SOSIAL KUTUB MELAUNCHING PROGRAM “HADIRKAN ENERGI PANGAN UNTUK KELUARGA MISKIN DAN RENTAN MISKIN”

 

Jakarta, 05 Juni 2020. Hari ini Jakarta memasuki era baru dalam masa pandemi Covid-19 yaitu masa transisi PSBB dari mulai dibukanya kembali tempat ibadah dilanjutkan perkantoran, tempat usaha dan kegiatan-kegiatan lainnya. Semuanya merupakan langkah-langkah yang akan dilakukan dalam memasuki era New Normal.

“New Normal bukan berarti dampak pandemi di bidang ekonomi sudah berakhir, namun justru tantangan persaingan ke depan semakin berat. Oleh karena itu, kita harus terus memacu semangat bagaimana kehidupan semakin baik kedepannya dengan segala keterbatasan yang ada. Jiwa gotong royong untuk terus membantu keluarga miskin dan rentan miskin harus terus digalakkan,” demikian paparan suhito selaku Direktur Eksekutif di Kantor Rumah Sosial Kutub yang berada di Lenteng Agung Jakarta.

Sebagaimana dijelaskan oleh Suhito, tantangan Indonesia selanjutnya sangat berat. Dilihat dari perkembangan ekonomi yang sekarang kita rasakan mengalami penurunan dibandingkan krisis tahun 1998. Jumlah pengangguran bukan malah berkurang namun semakin bertambah pasca Covid ini. Banyak prediksi-prediksi dari kalangan akademis sebagaimana yang disampaikan oleh Sri Mulayani bahwa “Jumlah angka kemiskinan akan naik, Covid-19 Maret-Mei lonjakan angka kemiskinan balik seperti 2011. Seluruh pencapaian penurunan kemiskinan dari 2011 hingga 2020 ini kembali.”

Padahal pertumbuhan ekonomi sudah ditargetkan bisa menjadi 5,3% pada tahun 2020 namun dasyatnya kini mengalami kemerosotan yang sangat jauh. Sri Mulyani bahkan pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya akan tumbuh 2,3 persen, dengan skenario terburuk bisa minus 0,4 persen.

Permasalahan ekonomi secara global ini menyebabkan export import juga terkendala. Banyak negara lebih mengutamakan kebutuhan di dalam negerinya dibandingkan pengiriman ke luar. Oleh karena itu, hal ini juga menjadi tantangan sendiri untuk Indonesia agar bisa bertahan, ketersediaan Produk dalam negeri menjadi sangat penting.

Di situasi yang belum begitu membaik dari pandemi, Sektor Pertanian menjadi sangat penting untuk membangun kemandirian pangan. Selain itu, Sektor Ekonomi juga termasuk yang aman dibandingkan sektor lainnya. Maka tak heran jika kini menjadi Buffer Sector yang harus selalu diperkuat apalagi untuk menjaga asupan masyarakat agar tidak meninggalkan efek Malnutrion sebagaimana krisis tahun 1998. Oleh karena itu, Rumah Sosial Kutub menghadirkan program “Hadirkan Energi Pangan Untuk Ketahanan Pangan Keluarga Miskin dan Rentan Miskin.

Sumber : cnbcindonesia.com

1 thought on “NEW NORMAL, RUMAH SOSIAL KUTUB MELAUNCHING PROGRAM “HADIRKAN ENERGI PANGAN UNTUK KELUARGA MISKIN DAN RENTAN MISKIN””

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *